Contoh RPP Bahasa Indonesia Tentang Pantun Kelas IV
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Kaliombo II
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas : IV (Empat)
Semester : II (dua)
Waktu : 2 x 35 menit
Hari, Tanggal : Kamis, 23 maret 2017
A.
Standart Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara
tertulis dalam bentuk pantun anak.
B. Kompetensi
Dasar
Membuat pantun anak yang menarik sesuai dengan ciri-
ciri pantun
C. Indikator
1.
Menyebutkan pengertian pantun
2.
Menjelaskan
ciri-ciri pantun
3.
Menyebutkan jenis-jenis pantun
berdasarkan bentuknya
4.
Menyebutkan jenis-jenis pantun
berdasarkan isinya
5.
Membuat pantun sesuai ciri-ciri pantun
6.
Membacakan
pantun anak yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang sesuai
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menyebutkan pengertian
pantun
2.
Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri pantun
3.
Siswa menyebtukan jenis-jensi pantun
berdasarkan bentuknya
4.
Siswa menyebutkan jenis-jenis pantun
berdasarkan isinya.
5.
Siswa
mendapat membuat pantun yang menarik sesuai dengan ciri-ciri pantun
6.
Siswa
dapat membaca pantun anak yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang
sesuai.
E. Materi
Pembelajaran
1.
Pantun
anak
(Terlampir)
F.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Evaluasi
G.
Waktu pembelajaran
2 X 35
H.
Alat/
Media Pembelajaran
Teks
pantun
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu
|
1. Kegaiatan awal
a.
Guru Mengucapkan salam.
b.
Guru menunjuk ketua kelas untuk
memimpin doa bersama sebelum memulai pembelajaran.
c.
Guru Mengecek kehadiran siswa.
d.
Guru Menyiapkan materi dan
menginformasikannya pada siswa
e.
Guru melafalkan sebait pantu
kemudian menanyakan kepada siswa: Anak-anak, siapa yang tahu, kira-kita
intonasi atau nada-nada seperti yang ibu lakukan dalam pelafalan kalimat tadi
disebut apa? Setalah siswa menjawab guru merangkum jawaban dari siswa dan
membimbing siswa untuk masuk ke tujuan pembelajaran.
f.
Guru menyampiakan tujuan
pembelajaran
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
a. Guru
menyebutkan pengertian pantun
b. Guru menjelaskan ciri-ciri pantun
c. Guru
meminta siswa menyebutkan jenis-jenis pantun menurut bentuknya
d. Guru
meminta siswa menyebutkan jenis-jensi pantun berdasarkan isinya
e. Guru
memberi contoh cara membuat pantun
f. Guru
meminta siswa membuat pantun sesuai dengan contoh yang telah diberikan guru
Elaborasi
a. Guru
meminta siswa membacakan hasil pantun yang telah mereka buat di depan kelas
b. Guru
meminta siswa yang lain mendengarkan pembacaan pantun
c. Guru
meminta teman sebangku untuk berdiskusi dengan menyempurnakan pantun-pantun dengan
memilih pasangan yang tepat dalam lembar kerja siswa.
Konfirmasi
a. Guru
bertanya pada siswa adakah hal-hal yang masih belum dipahami siswa
tentnag pembelajaran yang telah
dipelajari
b. Guru
meluruskan kesalahapahaman
c. Guru
mengulang point-point pembelajaran
d. Guru
memberikan soal evaluasi pada siswa
3.
Kegiatan Penutup
a. Guru
menyimpulkan materi pembelajaran
b. Guru
memberikan tugas rumah pada siswa
c. Guru
memberikan anjuran pada siswa untuk selalu belajar di rumah
d. Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
|
10 Menit
50 Menit
10 Menit
|
J. Sumber Belajar
Bahasa Indonesia untuk SD
dan MI kelas IV karya Kaswan Darmadi dan Rita Nirbaya. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
K. Penilaian Hasil Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen/ soal
|
|
|
Teknik tes:
Lisan
Non tes:
perbuatan
|
Uraian dan unjuk kerja
|
1. sebutkan pengertian dari pantun!
2. sebutkan 2 ciri dari pantun
3. sebutkan jenis-jenis pantun berdasarkan bentuknya. jelaskanlah!
4.sebutkan jenis-jenis pantun berdasarkan isinya!
5. buatlah pantun sesuai dengan syarat-syarat pembuatan
pantun yang baik!
|
PRODUK
(diskusi)
No
|
Aspek
|
kriteria
|
Skor
|
1
|
konsep
|
Semua
benar
Sebagian
besar benar
Sebagian
kecil salah
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
PERFORMANSI
Aspek Yang
Dinilai
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor
Penilaian
|
KEBERANIAN
|
a.
Tidak berbicara
b.
Malu-malu
c.
Berani berbicara
|
1
2
3
|
KELANCARAN
|
a.
Tidak berbicara
b. Memyampaikan
pengumuman dengan terbata-bata
c. Menyampaikan
pengumuman dengan lancar
|
1
2
3
|
INTONASI
|
a.
Nada suaranya satu ritme
b. Nada
suaranya bervariasi tapi belum beraturan
c. Nada
suaranya bervariasi dan beraturan
|
1
2
3
|
KEJELASAN SUARA
|
a.
Tidak bersuara
b.
Kurang lantang
c. Terdengar
lantang dan jelas
|
1
2
3
|
KEJELASAN KALIMAT
|
a. Banyak
kalimat ambigu ketika menyampaikan
b.
Sedikit kalimat ambigu
c. Tidak
ada kalimat ambigu
|
1
2
3
|
NILAI AKHIR = SKOR AKHIR X 100
SKOR IDEAL
Keterangan : *skor ideal = 15
Mengetahui Bojonegoro,
23 Maret 2017
Kepala SDN Kaliombo II Mahasiswa
MOKHAMAD DAHLAN, S.Pd SAFITRI NILA FEBRIYATI
NIP.
196809171993081001 NIM:
823191487
Supervisor 2
IYAT, S.Pd
NIP.196410071994032003
PENILAIAN PERFORMANSI
Format penilaian performance dan
lisan
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Performent
|
Aspek
Pelafalan
|
|||||||
Keberanian
|
Kelancaran
|
Intonasi
|
Volume suara
|
Kejelasan
membaca kalimat
|
||||||
1.
|
Alya Khamila R
|
|||||||||
2.
|
Ananda Alivana Putri
|
|||||||||
3.
|
Anas Al Ma’un
|
|||||||||
4
|
Aribut Ayudi
|
|||||||||
5
|
Aziz Faturrohman
|
|||||||||
6
|
Desti Cita Syahrani
|
|||||||||
7
|
Eka Angga Pramudia
|
|||||||||
8
|
Gesang Ronggo S.
|
|||||||||
9
|
Juvitana Jayati
|
|||||||||
10
|
Moh. Rizal P.
|
|||||||||
11
|
Niko Bentan Syah B.
|
|||||||||
12
|
Nimas Ayu Sumekar
|
|||||||||
13
|
Nuryatin
|
|||||||||
14
|
Puspita Sari
|
|||||||||
15
|
Rendy Aditya Putra
|
|||||||||
16
|
Serli Delvia S.
|
|||||||||
17
|
Sutarmi
|
|||||||||
18
|
Widya Ningrum
|
|||||||||
19
|
Yuanda Agung P.
|
|||||||||
20
|
Yuyun Agita Tesa G.
|
|||||||||
21
|
Yuyun Nur Azizah
|
|||||||||
LEMBAR PENILAIAN AKHIR
No
|
Nama Siswa
|
||
Jumlah skor
|
Nilai akhir
|
||
1.
|
Alya Khamila R
|
||
2.
|
Ananda Alivana Putri
|
||
3.
|
Anas Al Ma’un
|
||
4
|
Aribut Ayudi
|
||
5
|
Aziz Faturrohman
|
||
6
|
Desti Cita Syahrani
|
||
7
|
Eka Angga Pramudia
|
||
8
|
Gesang Ronggo S.
|
||
9
|
Juvitana Jayati
|
||
10
|
Moh. Rizal P.
|
||
11
|
Niko Bentan Syah B.
|
||
12
|
Nimas Ayu Sumekar
|
||
13
|
Nuryatin
|
||
14
|
Puspita Sari
|
||
15
|
Rendy Aditya Putra
|
||
16
|
Serli Delvia S.
|
||
17
|
Sutarmi
|
||
18
|
Widya Ningrum
|
||
19
|
Yuanda Agung P.
|
||
20
|
Yuyun Agita Tesa G.
|
||
21
|
Yuyun Nur Azizah
|
||
LEMBAR EVALUASI
1. sebutkan pengertian dari pantun!
2. sebutkan 2 ciri dari pantun
3. sebutkan jenis-jenis pantun berdasarkan bentuknya.
jelaskanlah!
4.sebutkan jenis-jenis pantun berdasarkan isinya!
5. buatlah pantun sesuai dengan syarat-syarat
pembuatan pantun yang baik!
KUNCI JAWABAN
1. Pantun adalah
salah satu jenis puisi lama. Seperti puisi-puisi lainnya, pantun memiliki
keindahan untuk didengarkan.
2. Dalam satu bait terdiri dari
empat baris dan Dua baris pertama berupa sampiran.
3. pantun biasa, pantun modern,
pantun kilat ,pantun berkait dan talibun
4. pantun anak-anak, pantun orang
muda, pantun orang tua, pantun jenaka dan pantnun teka-teki.
5. (kebijakan guru)
LEMBAR
KERJA SISWA
Cocokanlah jawaban dengan pantun
dibawah ini dengan syarat syarat pantun yang telah di tetapkan. Jawablah
dengann benar!
1. Buah pinang buah belimbing
Ketiga dengan buah mangga
Sungguh senang berbapak sumbing
......................................................
2. pohon manggis ditepi rawa
Tempat kakek tidur beradu
Sedang menangis nenek tertawa
...............................................
3. pak pung pak mustafa
Encik dulah di rumahnya
Tepung dengan kepala
............................................
a. melihat kakek bermain gandu
b. biar marah tertawa jaga
c. gula jawa di tengahnya
|
No urut
|
No Induk
|
NAMA
|
L/P
|
Kehadiran
|
keterangan
|
1
|
1341
|
Alya Khamila R
|
P
|
ü
|
Hadir
|
2
|
1342
|
Ananda Alivana Putri
|
P
|
ü
|
Hadir
|
3
|
1343
|
Anas Al Ma’un
|
L
|
ü
|
Hadir
|
4
|
1344
|
Aribut Ayudi
|
L
|
ü
|
Hadir
|
5
|
1345
|
Aziz Faturrohman
|
L
|
ü
|
Hadir
|
6
|
1346
|
Desti Cita Syahrani
|
P
|
ü
|
Hadir
|
7
|
1348
|
Eka Angga Pramudia
|
L
|
ü
|
Hadir
|
8
|
1349
|
Gesang Ronggo S.
|
L
|
ü
|
Hadir
|
9
|
1350
|
Juvitana Jayati
|
P
|
ü
|
Hadir
|
10
|
1351
|
Moh. Rizal P.
|
L
|
ü
|
Hadir
|
11
|
1352
|
Niko Bentan Syah B.
|
L
|
ü
|
Hadir
|
12
|
1353
|
Nimas Ayu Sumekar
|
P
|
ü
|
Hadir
|
13
|
1354
|
Nuryatin
|
P
|
ü
|
Hadir
|
14
|
1355
|
Puspita Sari
|
P
|
ü
|
Hadir
|
15
|
1356
|
Rendy Aditya Putra
|
L
|
ü
|
Hadir
|
16
|
1357
|
Serli Delvia S.
|
P
|
ü
|
Hadir
|
17
|
1358
|
Sutarmi
|
P
|
ü
|
Hadir
|
18
|
1359
|
Widya Ningrum
|
P
|
ü
|
Hadir
|
19
|
1360
|
Yuanda Agung P.
|
L
|
ü
|
Hadir
|
20
|
1361
|
Yuyun Agita Tesa G.
|
P
|
ü
|
Hadir
|
21
|
1362
|
Yuyun Nur Azizah
|
P
|
ü
|
Hadir
|
LAMPIRAN
MATERI
Pantun adalah salah satu jenis
puisi lama. Seperti puisi-puisi lainnya, pantun memiliki keindahan untuk
didengarkan. Tentunya bukan hanya sekedar indah. Di balik keindahannya terdapat
pesan penting yang ingin disampaikan kepada pendengar.
Dalam membuat pantun perlu
memperhatikan beberapa syarat pantun. Syarat-syarat pantun yaitu:
1. Dalam satu bait terdiri dari
empat baris
2. Dua baris pertama berupa
sampiran
3. Dua beris terakhir berupa isi
4. Jumlah suku kata tiap baris
antara 8-12 suku kata
5. Bersajak AB-AB
Saya akan mengambil contoh pesan
menjaga kebersihan agar hidup sehat. Sekarang coba pikirkan kira-kira pesan apa
yang dapat kamu sampaikan? Misalkan seperti ini, “jagalah kebersihan lingkungan
agar hidup selalu sehat”. Dari pesan tersebut bisa kita jadikan menjadi dua
baris terakhir dalam pantun menjadi:
_________________________ (baris I)
_________________________ (baris II)
Jagalah kebersihan
lingkungan (baris III)
Agar hidup selalu sehat (baris IV)
Kedua, perhatikan bunyi akhir
kedua baris tersebut!
Bunyi akhir baris ketiga adalah
“an” dan baris keempat “at”. Selanjutnya, carilah kata-kata yang bunyi akhirnya
sama dengan akhir bunyi baris ketiga dan keempat tersebut! Saya ambil contoh
kata yang bunyi akhirnya “an” adalah hewan dan kata yang bunyi akhirnya “at”
adalah Rahmat. Lalu buatlah kata-kata tersebut menjadi kalimat, yaitu untuk
mengisi baris pertama dan kedua.
Contoh kalimat menggunakan kata
hewan : Jalan-jalan ke pasar hewan
Contoh kalimat menggunakan kata
Rahmat : Jangan lupa mengajak Rahmat
Nah, sekarang semua kalimat sudah
jadi, langkah terakhir tinggal menggabungkannya ke baris pertama dan kedua menjadi:
Jalan-jalan ke pasar hewan
Jangan lupa mengajak Rahmat
Jagalah kebersihan lingkungan
Agar hidup selalu sehat
Nah, pantun sudah jadi. Untuk
memastikan apakah syarat-syaratnya sudah terpenuhi bisa dicek dengan menghitung
suku katanya. Coba kita cek jumlah suku katanya.
Baris I
ja-lan ja-lan ke pa-sar he-wan
(ada 9 suku kata)
Baris II
Ja-ngan lu-pa me-nga-jak Rah-mat
(ada 9 suku kata)
Baris III
Ja-ga-lah ke-ber-si-han
ling-kung-an (ada 9 suku kata)
Baris IV
A-gar hi-dup se-la-lu se-hat (ada
9 suku kata)
Nah, sekarang sudah kita ketahui
jumlah suku katanya masih memenuhi syarat. Berarti pembuatan pantun sudah
selesai. Gimana, mudah bukan?
Jenis Pantun Berdasarkan Bentuknya
Berdasarkan bentuknya pantun
dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu
pantun biasa, pantun modern, pantun kilat, pantun berkait, dan talibun.
Jenis pantun dan contoh pantun
berdasarkan bentuknya
Jenis pantun dari bentuknya
Pantun Biasa
Pantun biasa bentuknya empat
baris per bait dan rumus rimanya a-b-a-b. Contohnya sebagai berikut.
Orang muda diharap santun
Santun hati kepada orang tua
Ayo kawan berbalas pantun
Pantun asli sastra Indonsia
Pantun Modern
Pantun modern mirip dengan pantun
biasa. Bedanya rimanya bukan a-b-a-b, melainkan a-a-a-a. Contohnya sebagai
berikut.
Bukan kuda sembarang kuda
Tapi kuda besar dari Sumbawa
Bukan pemuda sembarang pemuda
Tapi pemuda kekar giat bekerja
Pantun Kilat
Pantun kilat sebait hanya dua
baris, yaitu baris pertama sebagai sampiran dan baris kedua sebagai isi.
Rimanya berumus a-a. Pantun kilat sering disebut karmina. Contohnya seperti di
bawah ini.
Anak baris di sekitar kota
Anak manis siapa yang punya
Makan mentimun di depan gua
Duduk melamun tiada guna
Pantun Berkait
Pantun berkait bentuknya sama
seperti pantun biasa, tetapi antara bait yang satu dengan yang lainnya ada
kaitannya. Keterkaitan itu dinyatakan dengan baris kedua dan keempat bait
pertama menjadi baris pertama dan ketiga bait kedua. Kemudian baris kedua dan
keempat bait kedua menjadi baris pertama dan ketiga bait ketiga. Demikian
seterusnya. Contoh:
Pak tani sudah pergi ke ladang
sampai di ladang menanam jagung
Rumput di sampah jangan dipandang
kebersihan lingkungan kita
tanggung
Sampai di ladang menanam jagung
disiram-siram air dali kali
Kebersihan lingkungan kita
tanggung
agar terlihat indah dan rapi
Disiram-siram air dari kali
kali besar bernama bengawan
Agar terlihat indah dan rapi
Hidup kita menjadi nyaman
Talibun
Talibun adalah pantun yang tiap
bait jumlah barisnya lebih dari empat. Biasanya jumlah barisnya genap yang
sebagian berupa sampiran dan sebagian berupa isi. Contohnya sebagai berikut.
Kalau engkau membeli jamu
Jangan asal engkau ingin
belilah jamu yang menyehatkan
badan
Kalau engkau mencari ilmu
jangan lupa belajar rajin
dan jangan ada yang ketinggalan
Jenis pantun berdasarkan isinya
Berdasarkan isinya pantun dapat
dikelompokkan menjadai 5 jenis, yaitu pantun anak-anak, pentun orang muda,
pantun orang tua, pantun jenaka, dan pantun teka-teki.
Jenis pantun dan contoh pantun
berdasarkan isinya
Jenis pantun dari isinya
Pantun Anak-anak
Ramai orang bersorak-sorak
menepuk gendang dengan rebana
Alangkah besarnya hati awak
mendapat baju dengan celana
Pinang tua tidak membeli
buah rotan di dukungannya
Orang tua tidak peduli
akan kesakitan anak kandungnya
Pantun Orang Muda
Anak ayam disambar elang
dismbar jatuh ke atas batu
Sudahlah nasib untung yang
melayang
takdir Tuhan atas diriku
Dari Gresik ke Surabaya
pagar siapa saya besarkan
Wahai nasib apakah daya
pada siapa saya sesalkan
Anak kera cantik di bukit
dipanah oleh Indera Sakti
Dipandang muka senyum sedikit
karena sama menaruh hati
Pantun Orang Tua
Anak ayam turun sepuluh
mati satu tinggal sembilan
Tuntutlah ilmu bersungguh-sungguh
jangan ada yang ketinggalan
Pinang muda dibelah dua
manik-manik mati dirembah
Dari muda sampai ke tua
pangajaran baik jangan dirubah
Berakit-rakit pergi ke hulu
berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit lebih dahulu
bersenang-senang masa kemudian
Pantun Jenaka
Rumah angus pukullah tong-tong
anak Cina menarik pompa
Rupanya Bagus kantongnya kosong
tidak berguna suatu apa
Kupu-kupu terbang melintang
hinggap mengisap bunga layu
Hati di dalam menaruh bimbang
melihat ikan memanjat kayu
Pantun Teka-teki
Naik kereta menuju Keidri
duduk bergurau tertawa-tawa
Jika pintar terka yang ini
binatang apa rumah dibawa?
Cari obat ke rumah tabib
obat diminum di depan pintu
Binatang apa sangat ajaib
kakinya enam kepalanya satu
Komentar
Posting Komentar